Friday 21 June 2013

[PoliticaWave] Jokowi-Ahok Unggul Tipis

Lembaga riset media sosial, Politicawave, memperkirakan pasangan Joko Widodo dan Basuki "Ahok" Purnama akan mengalahkan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta putaran kedua pada 20 September mendatang.

Ramalan Politicawave itu didasarkan pada analisis terhadap lebih dari 2000.000 percakapan tentang dua pasang kandidat itu di sejumlah media sosial seperti Twitter, Facebook, Forum, Blog, Youtube, dan situs berita online. Total hampir 900.000 akun yang diteliti oleh Politicawave.

Menurut pantauan Politicawave, dalam periode Juli hingga 12 September silam, pasangan Jokowi dan Ahok selalu menjadi pasangan yang paling banyak dibicarakan di media sosial dengan 1.365.234 kali sementara Foke dan Nara hanya 813.742 kali.

Total unique user, jumlah orang atau akun media sosial yang terlibat dalam pembicaraan di media sosial, juga masih didominasi oleh Jokowi dan Ahok yang menguasai 562.598 akun sementara Foke dan Nara hanya 309.679 akun.

"Dengan demikian, berdasarkan data percakapan di media sosial yang terkini, maka PoliticaWave memberikan kesimpulan analisa bahwa pasangan Jokowi-Ahok (54,9%) akan menang tipis dari pasangan Foke-Nara (45,1%) di Pilkada DKI putaran ke dua nanti," tulis Politicawave dalam siaran persnya, Selasa (18/9).

Analisa Politicawave itu semakin kuat melihat sentimen terhadap dua kandidat di dunia maya. Sejak putaran kedua bergulir pembicaraan tentang Foke dan Nara didominasi oleh sentimen negatif dan menurut data terkini berada pada indeks -11,38. Adapun Jokowi dan Ahok, meski terus turun dalam beberapa waktu terakhir, masih bertahan pada indeks 18,51

Sumber
BeritaSatu

No comments:

Post a Comment