Thursday 9 January 2014

Politicawave: Social Media Measurement Monitoring Tools Indonesia @Politicawave

PoliticaWave.Com adalah sebuah situs web Indonesia yang berfungsi sebagai sarana untuk memantau secara sistematis percakapan yang terjadi di media sosial berkaitan dengan berbagai isu politik nasional maupun regional. Situs ini sering kali digunakan untuk memantau elektabilitas calon presiden, gubernur atau anggota DPR di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan carian di Google. PoliticaWave mengklaim bahwa mereka memantau jutaan percakapan di dunia maya, termasuk di situs lokal yang populer seperti BlogDetik dan Kaskus.
POLITICAWAVE memantau secara sistematis percakapan yang terjadi di media sosial berkaitan dengan berbagai isu politik nasional maupun regional. Dengan adanya sarana ini maka para pengambil kebijakan di lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif bisa memperoleh informasi terkini dari masyarakat Indonesia, dan dapat dibaca secara langsung.

POLITICAWAVE adalah platform yang komprehensif dalam memantau percakapan di media sosial, sehingga para pengambil kebijakan dapat segera merespon atau mengantisipasi, sebelum berbagai isu yang dibahas di media sosial tersebut berkembang semakin luas. Biasanya berbagai pembahasan di Internet tersebut kemudian muncul serentak di media massa utama, seperti di televisi, koran, majalah dan radio.

POLITICAWAVE dapat dimanfaatkan untuk memantau eskalasi suatu isu di media sosial yang kemudian berdampak secara riil. Berbagai isu seperti kasus perilaku anggota parlemen sampai dengan kasus penolakan kenaikan harga BBM bergerak dahsyat di media sosial, sebelum muncul secara nasional di dunia nyata melalui media-media utama.

No comments:

Post a Comment